Monday, March 5, 2012

Lens Hood ...Perlu Nggak Sih

Kebetulan kemarin saya iseng-iseng beli lens hood untuk lensa 18-55mm dan 55-250mm saya (2 lensa yang menurut saya sangat ideal untuk dibawa kemana-mana). Nah, setelah beli saya baru mikir, sebenarnya lens hood itu perlu atau tidak sih? Nah, tulisan berikut ini mungkin bisa membantu anda sekalian jika menghadapi masalah yang sama.
Bisa dibilang, mungkin lens hood itu sifatnya tidak wajib, alias kita ga harus menggunakannya. Tetapi, jika memang ada, maka sangat dianjurkan untuk menggunakannya.
Apa sih sebenarnya manfaat lens hood itu?
Manfaat utama dari memasang lens hood pada lensa adalah mencegah cahaya agar tidak mengenai elemen lensa bagian depan secara langsung yang dapat mengurangi kontras dan menyebabkan flare. Gambar yang diambil menggunakan lens hood biasanya akan lebih kaya warna dan memiliki saturasi yang lebih dalam.
Manfaat kedua dari lens hood adalah melindungi lensa. Dampak yang kurang baik terhadap lensa dapat dihindari seperti tersentuhnya lensa (atau filter) oleh jari sampai dengan lenas pecah karena benturan. Lens hood biasanya terpasang dengan kokoh dan memiliki jarak yang lumayan jauh dari permukaan lensa/filter sehingga dapat mengurangi dampak-dampak tersebut.

ekowahyu.com

No comments:

Post a Comment